Macam-macam Suplemen Fitness dan Fungsinya

Berbagai macam jenis suplemen fitnes terbaik dan fungsinya. Suplemen adalah produk yang berupa nutrisi tambahan. Ada berbagai macam jenis suplemen salah satunya adalah suplemen fitnes. Suplemen fitnes merupakan jenis suplemen yang banyak dicari oleh orang yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Suplemen fitness mampu menunjang pola makan dan latihan fitness anda serta mampu menambah energi saat latihan dan berperan dalam program pembentukan tubuh.

suplemen fitnes terbaik

Banyak orang yang mencari-cari suplemen untuk pemula, suplemen untuk orang kurus atau gemuk, suplemen untuk diet, suplemen murah, dan lain-lain. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, menambah berat badan, ataupun membentuk badan lebih berotot dan atletis, maka anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen secara rutin sesuai dengan dosisnya agar tujuan anda lebih cepat tercapai. Ada berbagai macam jenis suplemen fitness, maka dari itu anda perlu memperhatikan jenis-jenis suplement tersebut sebab anda tidak boleh sembarangan memilih suplemen fitness. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai macam-macam suplemen fitness dan fungsinya.

1) Suplemen Protein

Protein merupakan zat pembangun dan penyusun struktur tubuh. Protein juga berperan penting dalam hal peningkatan massa otot. Kandungan protein dapat dengan mudah ditemukan pada daging, ikan, telur, susu, kentang, biji-bijian, dan polong-polongan. Suplemen protein merupakan suplemen penambah berat badan dan pembangun massa otot. Jadi jika anda ingin menambah berat badan dalam artian massa otot yang meningkat, bukan lemak yang meningkat, maka sering-seringlah konsumsi protein. Ada beberapa jenis suplemen protein antara lain :

a. Whey Protein
Whey Protein diperoleh dari pengolahan susu sapi. Susu sapi sebenarnya memiliki kandungan kasein sebanyak 80% dan kandungan whey protein sebanyak 20%. Dibandingkan dengan kasein, whey protein memiliki nutrisi lebih tinggi dan lebih mudah larut.

suplemen whey protein
Whey Protein sangat baik untuk dijadikan sebagai suplemen fitness untuk pemula. Sebab, Whey protein berperan besar dalam proses sintesis protein yang terjadi pada otot. Selain itu, Whey Protein memiliki kandungan utama yang cepat diserap oleh tubuh yakni alfa laktoglobulin, beta laktoglobulin, laktoferrin, bovine serum albumin, dan immunoglobulin. Ada tiga jenis whey protein yakni :

Whey Protein Concentrate
  1. Kandungan proteinnnya sekitar 70%
  2. Masih mengandung lemak dan karbohidrat
  3. Harga lebih murah 
Whey Protein Isolate
  1. Kandungan proteinnya sangat murni, diatas 90%
  2. Sangat sedikit mengandung lemak dan karbohidrat
  3. Cocok jika anda menginginkan massa otot tanpa lemak
Whey Protein Hydrolyzed
  1. Harga paling mahal
  2. Dibuat dari Whey Protein Isolate yang dihidrolisir
  3. Paling cepat diserap oleh tubuh
b. Casein Protein
Kasein mengandung banyak asam amino glutamin yang berperan dalam menjaga massa otot, memulihkan otot, dan meningkatkan imunitas tubuh. Dibandingkan dengan whey protein, casein protein lebih lama diserap oleh tubuh. Karena waktu penyerapannya yang lama, casein protein ideal pada kondisi tertentu misalnya ketika tidur atau ketika sedang berpuasa.
casein protein
Saat tidur merupakan saat diperbaiki dan dibentuknya otot-otot kita. Maka dari itu ketika tidur, tubuh memerlukan protein yang sanggup bertahan lama pada tubuh kita. Begitu pula ketika puasa, tubuh akan terlambat mendapatkan nutrisi hingga waktunya berbuka puasa. Dengan demikian, kasein protein sangat cocok dikonsumsi sebelum tidur ataupun ketika sahur.

Ada dua jenis kasein protein, yakni :
  1. Micellar Caseinate : Diperoleh dari pemisahan laktosa, lemak, dan whey pada susu
  2. Calcium Caseinate : Diperoleh dari kasein pada susu skim
2) Suplemen Creatin

Kreatin merupakan gabungan dari berbagai komponen asam amino yang terdiri atas glisin, agrinin, dan metionin. Tubuh manusia juga memproduksi kreatin secara alami. Dalam tubuh manusia, kreatin dihasilkan di ginjal, pankreas, dan hati. Jumlah yang diproduksi hanya sekitar 2 gram per hari. Kreatin yang dihasilkan tersebut akan di dalam aliran darah menuju sel-sel otot. Sebagian besar kreatin disimpan dalam otot rangka. Kreatin juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang mengandung protein hewani contohnya daging sapi dan ikan.
suplemen kreatin
Suplemen kreatin banyak dipakai orang karena dipercaya sanggup mempercepat peningkatan massa otot. Suplemen kreatin bagus untuk orang kurus sebab mampu meningkatkan berat badan dengan cepat.

Jenis jenis suplemen kreatin : 
  1. Kreatin Monohidrat
  2. Kreatin Nitrat
  3. Kreatin HCL
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Dalam mengkonsumsi kreatin pastikan anda tetap konsisten dalam penggunaan jenis kreatin, dosis, dan jangka waktunya. Jangan sering bergonta-ganti mengkonsumsi jenis kreatin yang berbeda- beda.

Manfaat Utama Suplemen Kreatin :
  1. Mempercepat peningkatan massa otot
  2. Meningkatkan  performa latihan kekuatan
Manfaat lain :
  1. Meningkatkan kinerja otak
  2. Mengurangi kelelahan mental
  3. Mengontrol kadar glukosa tubuh
  4. Menghilangkan radikal bebas
  5. Mencegah tulang keropos
Aturan konsumsi kreatin yang disarankan : Selama lima hari pertama, konsumsi 5 kapsul (5 gram) sebanyak empat kali per hari. Setelah lima hari pertama sampai hari ke-30, konsumsi 5 kapsul (5 gram) sebanyak dua kali per hari. Seminggu setelah 30 hari, berhentilah mengkonsumsi suplemen kreatin. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kreatin adalah setelah anda melakukan latihan.

3) Suplemen Glutamin

Glutamin merupakan jenis asam amino esensial yang digunakan dalam pembuatan protein. Sebenarnya glutamin juga diproduksi secara alami dan bahkan merupakan jenis asam amino yang terbanyak ditemukan di dalam tubuh. Glutamin disimpan dalam tubuh di paru-paru dan otot. Namun, tubuh kita tetap memerlukan glutamin dari luar yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung glutamin ataupun suplemen glutamin. Anda bisa mendapatkan kandungan glutamin dalam makanan tinggi protein yakni gandum, kacang-kacangan, ikan, daging merah, susu, keju, dan juga dapat ditemukan dalam sayuran yakni kubis, bayam, dan peterseli.
suplemen glutamin

Manfaat Utama Suplemen Glutamin
  1. Meningkatkan performa latihan
  2. Mengurangi rasa lelah berlebih
  3. Meningkatkan kemampuan pemulihan otot
Manfaat lain dari Glutamin
  1. Mengoptimalkan proses sintesis protein
  2. Membantu transportasi nitrogen pada otot
  3. Merangsang pembentukan growth hormone (hormon pertumbuhan)
  4. Membantu menyingkirkan zat-zat sampah
  5. Membantu proses pembakaran lemak
Suplemen Glutamin dapat berbentuk cairan maupun bubuk. Suplemen Glutamin dapat dikonsumsi dengan dosis 5 - 10 gram per hari. Ada yang menyarankan mengonsumsi 5 gram glutamin sebelum tidur dan 5 gram setelah bangun tidur. Glutamin dapat anda konsumsi dengan makanan atau minuman namun jangan dengan makanan/minuman yang panas karena asam amino pada glutamin akan hilang karena panas.

4) Suplemen BCAA

BCAA yang merupakan kependekan dari Branched Chain Amino Acids mengandung tiga asam amino esensial yaitu leusin, isoleusin, dan balin. Suplemen BCAA berfungsi untuk membantu proses metabolisme protein, membantu pemulihan otot setelah latihan, dan mengurangi nyeri otot
suplemen bcaa

5) Suplemen Kafein

Anda tentu sudah mengenal kafein yang mana merupakan zat yang biasa ada pada kopi yang mampu mencegah rasa kantuk. Nah kafein ini berfungsi untuk meningkatkan fokus selama  anda latihan. Selain itu kafein juga mampu membakar lemak, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kinerja fisik, dan mengurangi gejala kelelahan.
suplemen kafein
6) Suplemen Citruline

Citruline adalah jenis asam amino yang dihasilkan secara alami oleh tubuh. Dalam bahan makanan, L-Citruline terkandung dalam labu, melon, ketimun, dan semangka. Dengan mengonsumsi suplemen L-Citruline maka akan dapat mengurangi produksi asam laktat berlebihan yang merupakan penyebab otot cepat lelah. Jadi L-Citruline sangat baik untuk pemulihan otot anda setelah lelah berlatih.

suplemen citruline

7) Suplemen Beta Alanin

Beta Alanin adalah asam amino yang mampu menjaga dan menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) otot. Manfaat dan fungsi dari suplemen beta alanin yakni membantu menjaga keseimbangan pH otot selama latihan, menyangga akumulasi asam laktat, dan mengurangi kelelahan pada otot.
suplemen beta alanine

8) Suplemen Beef Protein

Suplemen Beef Protein adalah suplemen yang berasal dari ekstrak daging sapi. Daging sapi memiliki kandungan zat besi dan seng yang tinggi yang sangat membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan otot. Suplemen ini merupakan sumber protein terbaik dan mempunyai asam amino yang tinggi dibandingkan protein lain. Beef protein diklaim sanggup memberikan power ekstra untuk otot anda. Suplemen beef protein mengandung creatin, protein, BCAA, dan asam amino arginin yang tinggi serta mengandung lemak jenuh, gelatin, kalori, gula, karbohidrat yang rendah. 
suplemen beef protein

7) Suplemen Carnitine

Carnitine adalah salah satu jenis asam amino non protein. Suplemen Carnitine berfungsi untuk membakar lemak sekaligus meningkatkan energi. Ada dua jenis Carnitine yakni L-Carnitine dan D-Carnitine. Aturan mengonsumsi suplemen Carnitine yakni dengan dosis 1 - 2 gram per hari dan dikonsumsi setengah jam sebelum makan.
suplemen carnitine

8) Suplemen Fat Burner

Jika anda berencana untuk menurunkan berat badan dengan  menghilangkan lemak yang membandel di dalam tubuh anda, maka selain melakukan diet dan latihan kardio, anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen fat burner agar hasil  yang lebih maksimal.
suplemen fat burning

Jadi demikianlah berbagai macam suplemen fitnes dan kegunaannya. Dengan demikian, diharapkan anda dapat menentukan sendiri suplemen fitnes terbaik untuk anda sendiri.

Macam-macam Suplemen Fitness dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: adm ar

35 komentar:

  1. Balasan
    1. di internet banyak yang jual secara online kok

      Hapus
  2. Balasan
    1. tidak semuanya, pilih salah satu saja yang tepat untuk anda

      Hapus
  3. Sangat sangat bermanfaat bagi sy yg pemula. Oia min, sy pemula kurus 171cm/62kg. Apakah suplemen creatine paling tepat atau Gainer ? Tx min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu sebelumnya sama sekali belum pernah mengonsumsi suplemen, sebaiknya pakai Whey Protein karena direkomendasikan untuk pemula

      Hapus
  4. Min kalau kita komsumsi casein protein sebaiknya diminum sesudah gym atau sebelum, dan ideal.y komsumsi berapa kali dalam sehari, trus buat efek sampingnya ada gak, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Casein Protein sebaiknya dikonsumsi malam hari sebelum tidur ya

      Hapus
  5. kira2 4 prioritas suplemen untuk membentuk otot sesuai daftar diatas apa saja ya? saat ini saya baru mengonsumsi whey dan fat burner saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa umur, berat badan dan tinggi badan kamu?

      Hapus
  6. saya pemula min, 168cm/82kg. apakah suplemen fat burner adalah pilihan yang tepat? Ty min

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pilihan tepat, asalkan diimbangi dengan berbagai macam aktivitas yang membakar lemak seperti olahraga kardio yaa

      Hapus
  7. Min tinggi saya 177cm/60kg, kira" suplemen apa yg cocok buat saya ya?

    BalasHapus
  8. Min klo aku minat fat burner itu bagus gak ya

    BalasHapus
  9. Min mau nanya, 168cm/51kg. Suplemen yg cocok buat keliatan berisi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba suplemen Protein ataupun Kreatin yang ada keterangan Gain Mass

      Hapus
  10. saya pemula min, 160cm/60kg dan baru memulai fitnes. kira2 suplemen yg mana yg cocok buat saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda ingin menambah berat badan atau menurunkan berat badan?

      Hapus
  11. Apakah ada batasan umur mengingat umur saya 17 th berat badan 45kg tinggi 170an ? Dan bagaimana cara membentuk otot nonfitness alias di rumah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur anda 17 tahun sudah bisa memulai fitness kok. Cara membentuk otot non fitness alias di rumah, sudah pernah dijelaskan dalam artikel di blog ini

      Hapus
  12. Min saya pemula 172cm/60kg, baru nge gym 2 minggu. Belum pernah nyoba suplemen apapun. Kan katanya kalo pemula harus pake whey protein dulu tuh. Kira kira kalo saya langsung pake creatine tepat ga min? Mohon pencerahannya min. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pake creatine juga bisa kok, tapi lebih baik pakai whey protein kalau untuk pemula

      Hapus
  13. Min tinggi saya 165 brat 50kg kira kira supleme yang cocok mana ya,, soallnya dah latian 1 an lebih tpi hasilnya kurng soalnya saya gk perna minum suplemen,, mohon saran suplemen yang bgus mana ya min buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda perlu menambah massa otot jadi saran saya sebaiknya konsumsi suplemen protein atau kreatin

      Hapus
  14. Masukkan komentar Anda...bagaimana cara memperoleh suplemen wey protein & yg lain min, apakah dijual di apotik2?

    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suplemen fitness tidak dijual di apotik
      Suplemen fitness umumnya dijual di toko fitness/pusat kebugaran atau paling mudah beli saja secara online sudah banyak kok online store yang menjual suplemen fitness

      Hapus
  15. Gan tinggi sy 168, BB sy 43. Sebaiknya saya menggunakan yang mana?

    BalasHapus
  16. Gan tinggi saya 168, BB saya 43. Sebaiknya saya menggunakan produk supelmen yang mana?

    BalasHapus
  17. Saya pemula dengan berat badan 87 kg tinggi 167,untuk otot lengan bahu dan dada sudah lumayan bagus,namun sayya punya masalah dengan perut buncit saya yg sprt org hamil 7 bln..suplemen apa yg baik dan cepat meratakan perut buncit saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perut buncit itu menandakan ada banyak lemak tertumpuk di situ, saran saya pakai suplemen fat burner bro, jangan lupa rutinkan olahraga kardio seperti treadmill, lari, dll dan juga coba latihan crunches & bicycle crunches

      Hapus
  18. Min tinggi saya 177 cm dan berat saya 45 kg umur saya 16 th. suplemen apa yang cocok buat saya..?

    BalasHapus
  19. Min, sy sudah sudah fitness sekitar 5 tahun. Selama itu sy tidak pernah mengkonsumsi suplemen, shg bentuk otot tidak bs terlihat jelas. Berat sy 80kg, tinggi 168cm. Kl sy imgin menurunkan berat badan dan membentuk otot, suplemen apa yg cocok? Trims

    BalasHapus