Panduan Cara Menambah Tinggi Badan Terbukti Ampuh

Tips Cara Menambah Tinggi Badan Cepat dalam waktu singkat. Apakah kalian memiliki masalah tinggi badan? Mungkin saja setiap orang yang membuka artikel ini menginginkan tinggi badan yang ideal. Banyak orang yang memiliki impian untuk memiliki badan yang tinggi. Adapun alasannya yang utama yakni dengan badan yang tinggi akan membuat penampilan kita semakin menarik. Alhasil, kita akan tampak lebih percaya diri. 

Alasan lainnya yakni bagi orang-orang yang bertubuh pendek atau kurang tinggi biasanya sering mendapatkan bully-an alias ejekan oleh teman-temannya. Maka dari itu mereka mengharapkan tubuh yang tinggi agar tidak diejek lagi. Selain itu, ada pula tuntutan ketika akan melamar pekerjaan ternyata harus ada syarat tinggi minimal. Pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan tinggi minimal tertentu antara lain model, pramugari, teller, satpam, polisi, tentara, pilot, dan lain-lain. Bahkan untuk masuk ke sekolah/perguruan tinggi kedinasan biasanya ada syarat minimal tinggi tertentu. Umumnya mereka mensyaratkan tinggi badan untuk pria minimal 165 cm sementara itu untuk wanita 155 cm. 

Dalam artikel ini, akan dibahas secara lengkap dan mendetail bagaimana cara meninggikan badan. Artikel ini cukup panjang. Maka dari itu sebaiknya save page (simpan halaman) artikel ini. Atau kalian bisa untuk men-share artikel ini di media sosial agar kalian bisa sewaktu-waktu membaca artikel ini kembali.

Hubungan Usia dan Pertumbuhan Tinggi Badan

Laki-laki mulai mengalami penambahan tinggi badan yang pesat semenjak usia 11 tahun sementara itu perempuan akan mulai penambahan tinggi badan yang pesat mulai dari usia 9 tahun. Penambahan tinggi badan seseorang akan terhenti ketika lempeng epifisis akan tertutup. Umumnya pada pertumbuhan tinggi badan wanita akan terhenti saat umur 19 tahun sementara pada pria akan terhenti saat umur 21 tahun.

Berikut ini adalah tabel hubungan usia dan tinggi badan ideal pria

Usia
Tinggi Badan Ideal
3 – 4 tahun
96 – 108 cm
5 – 6 tahun
109 – 122 cm
7 – 8 tahun
123 – 140 cm
9 – 10 tahun
141 – 153 cm
11 – 15 tahun
154 – 165 cm
16 – 20 tahun
166 – 170 cm
21 – 25 tahun
171 – 176 cm

Jadi jika anda merasa kurang tinggi dan masih berada di usia pertumbuhan, sayangilah tubuhmu. Jangan bermalas-malasan. Sebab tinggi badan akan berhenti di usia 19-21 tahun. Setelah melewati usia itu kamu tidak akan bisa bertambah tinggi lagi. Berbeda dengan berat badan yang mana bisa ditambah di umur berapa saja. Namun tinggi badan tidak. Maka dari itu gunakanlah waktu luangmu untuk melakukan kegiatan menambah tinggi badan yang akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Faktor-faktor Pertumbuhan

Penambahan tinggi badan manusia disebabkan karena adanya aktifitas dari human growth hormone (hormon pertumbuhan), growth plate (sendi pertumbuhan), dan lempeng epifisis. Berikut ini adalah faktor-faktor utama yang menentukan pertumbuhan tinggi badan manusia.

1) Keturunan / Genetika

Genetika alias keturunan merupakan faktor yang sangat berperang penting dalam menentukan tinggi badan seseorang. Jika kedua orang tua anda memiliki tubuh yang tinggi maka dipastikan kamu akan memiliki tubuh yang tinggi pula. Sementara itu jika kedua orang tua anda pendek, maka anda akan berkemungkinan besar menjadi pendek pula. Namun jangan khawatir, jika anda merasa pendek dan usia anda kurang dari 21 tahun, maka anda masih bisa berkesempatan untuk mendapatkan tubuh yang tinggi asalkan anda mengikuti tips-tips yang dibahas dalam artikel ini.

Menurut seorang ahli di bidang pediatri (ilmu yang mempelajari perkembangan tubuh bayi sampai remaja), tinggi badan seseorang maksimal dapat diperkirakan dengan memakai rumus berikut ini. Dalam rumus berikut ini, anda harus mengetahui tinggi badan bapake (ayah) dan mamake (ibu) kamu dalam cm.
Laki-laki = ((Tinggi Ayah - 12.7 ) + Tinggi Ibu) : 2 
Perempuan = ((Tinggi Ibu + 12.7 ) + Tinggi Ayah) : 2
Nah jika berdasarkan perhitungan dari rumus tersebut, ternyata tinggi badan anda kurang maksimal, maka tenang saja, itu kan hanya dilihat dari faktor genetika saja. Jika kedua orang tua anda bertubuh pendek, maka anda masih bisa memiliki tubuh yang tinggi asalkan memperhatikan dua faktor penting yakni Aktifitas Fisik / Olahraga dan Nutrisi / Gizi.

2) Aktifitas Fisik / Olahraga

Berbagai aktifitas fisik akan menentukan postur dan tinggi badan kamu. Jika kalian banyak melakukan aktifitas fisik dan olahraga yang banyak melibatkan otot tulang anda terutama seperti meloncat, menendang, berlari, maka hal ini akan membantu pertumbuhan tinggi badan kamu. Hindarilah melakukan aktifitas yang membebani tubuhmu dari atas misalnya terlalu sering memakai tas punggung yang berat ataupun melakukan latihan beban yang sangat berat. Pola dan kualitas tidur juga mempengaruhi tinggi badan hal ini karena penambahan tinggi badan seseorang terjadi ketika seseorang sedang tidur.

3) Nutrisi / Gizi

Asupan nutrisi juga mempengaruhi tinggi badan seseorang. Jika pada masa anak-anak, asupan gizinya kurang mencukupi, maka kelak ketika dewasa akan bertumbuh pendek. Penjelasan lebih mendetail mengenai nutrisi yang baik untuk menambah tinggi badan akan dibahas di paragraf berikutnya dalam artikel ini

Cara Meninggikan Badan dengan Olahraga

Percuma saja jika kalian ingin badan yang tinggi namun malas berolahraga. Olahraga sangatlah penting peranannya dalam perkembangan tubuh kita. Olahraga akan membuat penyerapan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi menjadi lebih lancar. Dengan olahraga, maka otot-otot akan menjadi lebih kuat, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan tentunya akan membantu pertumbuhan tulang

Jika kalian ingin mempercepat penambahan tinggi badan, maka disarankan melakukan olahraga berikut ini. Asalkan rutin dan konsisten, maka badan kamu akan tambah tinggi dengan cepat.

1) Basket
Orang-orang yang sering bermain basket kebanyakan memiliki tubuh yang tinggi. Hal ini karena di basket terdapat banyak gerakan yang melatih otot kaki terutama ketika melompat untuk memasukkan bola basket ke dalam ring.

basket bikin badan jadi tinggi

2) Jogging 
Lakukanlah jogging di pagi hari ketika sinar matahari bersinar namun tidak terlalu panas. Langkah kaki yang beraturan ketika jogging akan membantu pertumbuhan otot kaki anda dan adanya sinar matahari di pagi hari mampu merangsang kerja vitamin D pada tubuh kita yang tentunya akan membantu perkembangan tubuh anda. 

jogging menambah tinggi badan

3) Sprint
Sprint alias lari cepat dapat membantu pengeluaran hormon pertumbuhan, selain itu tekanan-tekanan cepat pada kaki saat sprint akan memperkuat otot-otot kaki dan memperpanjang tulang pada kaki. Lihatlah para atlet sprint, mereka memiliki tubuh tinggi dan kaki yang panjang. 

sprint menaikkan tinggi badan


4) Skipping
Skipping (lompat tali) merupakan gerakan melompat-lompat menggunakan tali (jump rope). Sering melakukan skipping terbukti mampu membuat tubuh lebih tinggi. Selain itu manfaat lain dari skipping yakni mampu memperkuat otot kaki, meningkatkan kerja jantung, meningkatkan koordinasi, dan melatih keseimbangan. Saran : Lakukan lompatan sebanyak 500 kali tiap hari

skipping menambah tinggi


5) Renang

Berenang sangat direkomendasikan jika kalian benar-benar ingin menambah tinggi badan. Sebab dalam berenang, otot-otot tubuh anda dari ujung jari tangan sampai ujung jari kaki akan terus bekerja. Berenang akan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Saran : Lakukan renang minimal 2 kali dalam seminggu.

berlatih renang

6) Badminton dan Tennis
Gerakan-gerakan pada badminton tentu membutuhkan kelincahan kaki. Gerakan melompat secara cepat ketika akan melakukan smash tentu akan memperkuat otot kaki sehingga mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang kaki anda.

bermain tennis

7) Voli
Banyak gerakan-gerakan melompat pada permainan bola voli terutama ketika akan melakukan spike. Gerakan-gerakan inilah yang akan membantu pertumbuhan tulang kalian.

olahraga voli

8) Bersepeda

Ayunan kaki pada pedal sepeda akan membantu pertumbuhan tulang pada kaki anda. Sering bersepeda juga akan mampu membakar lemak pada paha anda.


bersepeda

9) Yoga
Yoga mampu merilekskan tubuh anda dan melenturkan otot tubuh anda. Pada latihan yoga dengan merilekskan tubuh akan membuat tulang belakang anda tidak tegang. Hal ini tentuna akan merangsang kelenjar pituarity untuk memproduksi hormon pertumbuhan lebih banyak.
yoga meninggikan badan

Cara Meninggikan Badan dengan Gerakan Sederhana

Berikut ini gerakan-gerakan sederhana yang mampu membuat tubuhmu menjadi lebih tinggi. Disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan ini tiap harinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

1) Vertical Stretch
Dalam posisi berdiri, angkat tubuh dan lengan ke atas. Regangkan semaksimal mungkin
gerakan vertical stretch

2) Side Bends
Side bends merupakan gerakan memiringkan tubuh ke samping dengan dua tangan ke atas dipersatukan. Tahan selama 20 detik. Setelah memiringkan ke kanan, kemudian miringkan ke kiri juga.
cara side bends

3) Vertical Bends
Vertical Bend dimulai dengan posisi berdiri, lalu tekuk badan ke arah bawah, pastikan kedua tangan lurus kebawah menyentuh kaki anda
latihan vertical bends

4) Vertical Hanging
Vertical hanging adalah gerakan bergelantung pada tiang. Lakukanlah sekuat dan selama mungkin
latihan vertical hanging

5) Pose Kobra
Gerakan pose kobra adalah gerakan tengkurap di lantai, kasur, atau materas, lalu jadikan tangan sebagai tumpuan kemudian angkat kepala dan badan. Tahanlah selama 2 menit.
pose gaya kobra

6) Pose Sikap Lilin
Pose sikap lilin diawali dengan terlentang di matras/kasur, lalu angkat kedua kaki lurus ke atas dan jadikan kedua tangan sebagai tumpuan. Lakukan selama 3 menit
cara sikap lilin

7) Gerakan Menendang
Gerakan menendang mampu merangsang perpanjangan tulang kering dan tulang paha pada kaki anda. Lakukan sebanyak 10 kali tendangan dengan kaki kanan, lalu 10 kali tendangan dengan kaki kiri. Ulangi sebanyak 15 kali.

gerakan menendang


Cara Meninggikan Badan dengan Nutrisi

Nutrisi merupakan faktor yang sangat penting dalam hal perkembangan dan pertumbuhan tubuh kalian. Dahulu, orang Jepang rata-rata memiliki tubuh yang pendek. Kini, rata-rata tinggi orang Jepang 8 cm lebih tinggi dalam 50 tahun terakhir. Hal ini disebabkan karena meningkatnya kesadaran tentang gizi dan pemenuhan nutrisi yang baik. Anda harus memperhatikan nutrisi yang masuk pada tubuh anda. Orang yang sejak kecil selalu diberikan nutrisi yang baik, maka ketika dewasa akan memiliki tinggi badan yang optimal. Bagi anda yang sedang dalam masa pertumbuhan dan merasa bahwa anda kurang mencukup kebutuhan nutrisi, maka berikut ini adalah nutrisi-nutrisi yang harus dipenuhi oleh tubuh anda.

1) Kalsium
Kalsium berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan tulang, memperkuat struktur tulang, mencegah mengeroposnya tulang. Kandungan kalsium dapat ditemui pada : sumsung tulang sapi, sarden, salmon, udang, kerang, susu, keju, yoghurt, kedelai, kacang putih, susu kedelai, tempe, tahu, bayam, kol, brokoli, kangkung, wortel, lobak, jeruk nipis, almond, kiwi hijau, pisang, alpokat, oatmeal.

2) Fosfor
Fosfor berperan dalam menjaga keseimbangan asam basa pada tubuh dan berperan pada pembentukan gigi dan tulang. Kekurangan fosfor akan menyebabkan rasa sakit atau rapuh pada tulang dan gigi. Kandungan fosfor dapat ditemukan pada daging, ayam, ikan laut, telur, biji bunga matahari, biji wijen, kacang-kacangan, 

3) Zink
Zink berperan dalam membantu perkembangan tumbuh manusia. Orang yang kekurangan zink akan mengalami keterlambatan pertumbuhan, Zink dapat ditemui pada labu, kepiting, kacang, kuning telor, tiram, asparagus, daging sapi, hati sapi, bawang putih, kerang, bayam, jamur, biji semangka, biji wijen, beras merah, cokelat hitam.  

4) Protein
Protein berperan sebagai zat pembangun dan penyusun struktur tubuh. Selain itu protein juga berfungsi mengendalikan pertumbuhan. Protein dapat ditemui pada putih telur, daging tanpa lemak, ikan tuna, dada ayam, oatmeal, kacang kedelai, kacang polong, kacang hijau, brokoli

5) Vitamin A
Selain berperan dalam indra penglihatan, vitamin A juga membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan tulang. Vitamin A ada pada : wortel, tomat, cabai merah, lada merah, selada, bayam, ubi jalar, paprika, buah naga, pepaya, mangga, ayam, susu, hati, minyak ikan

6) Vitamin D
Vitamin D berfungsi untuk membentuk struktur tulang dan gigi serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu vitamin D juga sanggup meningkatkan hormon pertumbuhan. Vitamin D dapat ditemui pada ikan, salmon, udang, susu, telor, tahu, jamur, keju, sereal, kedelai, sosis, almond.

7) Air Putih
Rutin mengonsumsi air putih setiap harinya akan membuat tubuh kita terhidrasi dengan baik. Para ahli telah membuktikan berbagai manfaat rutin konsumsi air putih, kalian bisa simak di artikel kami manfaat minum air putih rutin

Apabila anda jarang mengonsumsi air putih alias hanya minum air ketika saat haus saja, maka hal ini akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan tubuh anda. Sebab vitamin dan nutrisi lainnya yang masuk dalam tubuh haus dilarutkan dengan air agar mampu terserap oleh tubuh. Saran : Minumlah minimal 8 gelas air putih dalam sehari

Berbagai tips lainnya jika anda memang bersungguh-sungguh untuk mendapatkan tubuh yang tinggi yakni selalu biasakanlah makan dengan menu 4 sehat 5 sempurna dan hindari makanan fastfood, junkfood, kue yang terlalu manis, dan minuman bersoda

Hal-hal yang harus dihindari pertumbuhan tinggi badan

Jangan Bawa Tas Berat
Buat kalian yang masih bersekolah, sebaiknya janganlah membawa tas punggung yang dijejali barang bawaan terlalu banyak. Tas punggung yang terlalu berat jika dipakai, akan membuat badan anda membungkuk dan menghambat pertumbuhan tulang belakang anda. 

Jangan Begadang
HGH (Human Growth Hormone) atau yang biasa disebut dengan hormon pertumbuhan, akan bekerja optimal pada waktu tidur. Berdasarkan penelitian, remaja yang rata-rata memiliki waktu tidur teratur yakni 8 sampai 11 jam ternyata memiliki tinggi badan yang baik. Jadi, buat kamu yang ingin tumbuh tinggi, hindarilah begadang. 

Jangan Bungkuk
Pastikan anda dalam posisi tegap ketika sedang berjalan, berdiri, ataupun duduk. Hal ini tentunya agar tulang belakang anda lurus. Jika anda terlalu sering duduk dalam posisi bungkuk, hal ini akan membuat otot tulang belakang anda akan lemah. Begitupula ketika anda sedang berjalan, pastikan pandangan lurus ke depan, leher tegak, punggung juga ditegakkan. Dengan demikian anda akan terlihat begitu gagah dan mencengangkan.

Jangan Merokok
Sering merokok di usia remaja akan menghambat pertumbuhan tinggi badan kamu. Baik perokok aktif maupun perokok pasif, akan mengalami terhambatnya pertumbuhan tinggi badan.

Jangan Konsumsi Steroid 
Hati-hati jika anda mengonsumsi obat yang mengandung steroid ketika dalam masa pertumbuhan. Berdasarkan penelitian, steroid dapat menghambat pertumbuhan pada anak-anak dan remaja.

Jangan Angkat Beban Terlalu Berat
Lihatlah para atlet-atlet angkat beban. Mereka kebanyakan memiliki tubuh yang tidak tinggi. Hal ini karena beban yang diangkat sangatlah berat, melebihi berat badan mereka. Beban berat akan membebani tulang belakang kalian sehingga akan menghambat pertumbuhan.

Jangan Stress
Jangan banyak pikiran yang bisa membuat kamu menjadi stress. Selalu segarkan pikiranmu. Janganlah merasa terbebani. Stress hanya akan menghambat perkembangan dan pertumbuhanmu.

Tips Meninggikan Badan Lainnya

Berjalan tegak

Berjalan tegak akan membuat kamu terlihat lebih tinggi dibandingkan jika kamu berjalan agak membungkuk. Selain itu, berjalan tegak akan meningkatkan level kepercayaan diri kamu. 

Tidur
Tubuh kita akan mengalami pertambahan tinggi badan ketika tidur. Sebab saat tidur, hormon pertumbuhan akan bekerja dan menginsruksikan pertumbuhan otot dan tulang kamu. Ada beberapa hal yang disarankan ketika anda tidur. Yang pertama, jangan tidur terlalu malam alias jangan begadang. Tidur dalam waktu kurang dari 9 jam dapat memperlambat pertumbuhan tinggi badan kamu. Selalu pastikan tidur anda nyenyak. Kemudian, pastikan anda tidur di tempat tidur yang empuk dan menyangga tulang punggung kamu. Posisi tidur terbaik untuk pertumbuhan kamu yakni tidur terlentang dengan kedua kaki diluruskan. Namun jika anda tidur menyamping, pastikan anda meletakan bantal di bawah kepala supaya tulang belakang kamu tetap lurus. Disarankan juga agar kalian untuk membiasakan tidur siang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa tidur siang mampu menambah tinggi badan.

***

Yah, telah sampailah di penghujung artikel. Demikianlah tips-tips paling lengkap tentang bagaimana cara membuat tubuh lebih tinggi. Kesimpulannya, untuk mendapatkan tubuh yang tinggi bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa hal yang harus anda giat lakukan seperti gerakan-gerakan menambah tinggi badan, olahraga rutin, dan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk tubuhmu. Selain itu posisi berjalan, duduk, dan tidur juga akan mempengaruhi tinggi badan kamu. Jadi selamat tumbuh tinggi ya. Semoga berhasil. 

Panduan Cara Menambah Tinggi Badan Terbukti Ampuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin ari

0 komentar:

Poskan Komentar