Cara Paling Lengkap dan Ampuh Menurunkan Berat Badan Pria

Rahasia cepat cara menurunkan berat badan Pria alami. Semua Orang Berhasil melakukannya dengan cara ini. Berat badan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam tubuh kita. Zaman sekarang memang orang memiliki kecenderungan yang besar untuk menjadi gemuk. Hal ini karena saat ini banyak orang yang menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Orang-orang sekarang selalu menginginkan hal-hal yang serba instan dan cepat tanpa mempedulikan kesehatan misalnya saja banyak orang yang mengkonsumsi makanan cepat saji, softdrink, mie instant, dan lain-lain. Apalagi jajanan-jajanan dan berbagai camilan yang beredar sekarang ini cenderung menggemukkan badan kita.

Kebanyakan pria tentu menginginkan tubuh yang sempurna mulai dari berat badan yang proposional, tubuh berotot, dan badan yang tinggi. Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian semua banyak orang. Orang dengan berat badan proposional akan membuat tampil lebih percaya diri terutama ketika sedang berhadapan dengan lawan jenisnya.
 
Pria yang memiliki kelebihan berat badan umumnya karena banyaknya lemak yang menumpuk pada tubuh pria. Mengapa lemak banyak menumpuk? Hal ini karena sistem metabolisme tubuh yang terganggu sehingga tubuh kurang efektif dalam mengurai lemak menjadi energi sehingga lemak justru semakin menumpuk di tubuh.

rahasia cepat menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebihan, menurunkan berat badan 5 kg sampai 10 kg atau bahkan lebih, bukanlah hal yang mustahil. Hal ini tentunya bergantung pada seberapa besar dan sungguh-sungguh upaya yang anda lakukan.
 
Lelaki lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan wanita. Hal ini karena tubuh lelaki mampu membakar kalori lebih banyak karena pria memiliki massa otot dan hormon testosteron yang lebih besar dibandingkan wanita.

Hal paling utama untuk menurunkan berat badan adalah anda harus membakar kalori lebih banyak daripada kalori masuk (kalori yang berasal dari anda makan). Keberhasilan anda dalam melakukan diet menurunkan berat badan tergantung konsistensi dari anda. Jangan sampai anda menyerah di jalan. Yang pasti butuh tekad dan kemauan yang keras untuk merubah tubuh gemuk anda menjadi tubuh yang ideal.

Sebenarnya idealnya berat badan pria bisa turun 2-3 kg dalam waktu 1 minggu. Lalu anda harus mempertahankan berat badan anda jangan sampai naik lagi. Bagaimana tips cara paling ampuh untuk mengurangi berat badan ? Simak ulasan lengkap dari kami :


11 Tips Paling Ampuh Menurunkan Berat Badan Pria

1) Sarapan Lebih Awal

Sarapan dengan waktu yang lebih awal akan mempercepat proses pembakaran dalam tubuh. Misal jika anda semula sarapan setiap jam 7 pagi, maka anda bisa majukan waktu sarapan menjadi jam 6 pagi.

2) Minumlah Sebelum Makan

Apabila kita minum segelas air sebelum kita memulai makan makanan, maka perut kita akan terasa lebih kenyang sehingga otomatis porsi makan akan berkurang (tidak terlalu banyak) dan jika dilakukan secara rutin maka ampuh menurunkan berat badan kita

3) Gunakan Piring Berukuran Kecil

Anda dapat mengurangi porsi makan anda dengan selalu menggunakan piring yang berukuran kecil sehingga makanan yang masuk ke tubuh anda tidak terlalu banyak. Cara ini terbukti cukup efektif dalam menurunkan berat badan anda

4) Jangan Malas Bergerak

Cobalah anda bergerak sebanyak mungkin. Jangan bermalas-malasan di kamar/rumah. Sering-sering melakukan aktivitas yang menggerakkan tubuh tiap harinya. Anda bisa coba naik turun tangga atau berjalan keliling-keliling lingkungan sekitar.

5) Paparan Sinar Matahari

Berdasarkan penelitian, sering keluar rumah dan terpapar sinar matahari, akan mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh sehingga tubuh sanggup membakar lebih banyak kalori. Hal ini mampu membantu dalam upaya anda menurunkan berat badan

6) Melakukan Olahraga dan Latihan Kardio

Berolahraga akan membuat tubuh anda cepat dalam membakar kalori sehingga berat badan anda akan berkurang sedikit demi sedikit. Lakukanlah olahraga secara teratur dan rutin, karena selain efektif dalam menurunkan berat badan, olahraga juga mampu meningkatkan kesehatan pada tubuh anda. Anda bisa berolahraga seperti renang, bermain bola basket, bulu tangkis dan lain-lain.

Selain itu melakukan olahraga Kardio merupakan tips ampuh untuk menurunkan berat badan pria. Konsep dasar dari Latihan Kardio adalah untuk meningkatkan detak jantung dalam selang waktu tertentu. Semua anggota tubuh akan bekerja ketika kita melakukan latihan kardio sehingga energi yang dibutuhkan lebih banyak. Contoh Latihan kardio adalah skipping, senam, jalan kaki, jogging, bersepeda, lari. Rutin lari pagi setiap hari selama 20-30 menit akan mampu efektif menurunkan berat badan. Lakukan jogging agar lemak dapat terbakar secara maksimal

7) Buatlah Jadwal dan Disiplin dengan Jadwal Anda

Anda harus membuat jadwal yang dapat anda sesuaikan dengan waktu anda. Jadwal tersebut dapat berupa jam makan, berolahraga, tidur, dan lain-lain. Anda juga harus disiplin terhadap jadwal yang anda buat. Jangan anda lewatkan jadwal tersebut. Jangan bermalas-malasan.

8) Konsumsi Protein menjelang Tidur

Berdasarkan penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung minimal 30 gram whey protein akan memiliki peluang lebih tinggi untuk melakukan metabolisme pencernaan pada keesokan harinya dibandingkan tidak makan apa-apa saat malam hari. Hal ini karena protein bersifat lebih thermogenic dibandingkan karbohidrat dan lemak sehingga tubuh anda mampu membakar lebih banyak kalori ketika mencernanya.

9) Tidur yang Cukup

Apabila anda memiliki waktu tidur yang tidak teratur, justru hal ini akan membuat berat badan anda semakin naik. Sebab kurangnya jam tidur akan menggangu fungsi hormon yang ada pada tubuh anda khususnya yang berhubungan dengan nafsu makan. Idealnya anda tidur selama 8 jam tiap harinya. Orang yang kurang tidur (tidur kurang dari 7 jam) akan menghasilkan banyak gula darah, hormon insulin, dan hormon kortisol pada tubuh. Hal ini membuat tubuh kita menjadi cepat lapar sehingga tubuh akan menyimpan banyak lemak.
 
Tidur dalam suhu dingin juga mampu menurunkan berat badan. Suhu rendah akan mampu meningkatkan efektifitas sel-sel pada tubuh kita yang menyimpan lemak untuk bekerja menghangatkan tubuh sehingga membuat lebih mampu membakar lemak yang tersimpan pada tubuh.

10) Selalu Berpikiran Positif dan Jangan Stress 

Sering-seringlah anda selalu berpikir positif, segarkan pikiran anda, Nikmati hidup ini dengan berpikir positif. Jangan mudah frustasi. Menjadi stress hanya membebani pikiran anda sehingga membuat anda enggan melakukan latihan dan terlalu banyak stres justru dapat merusak pola diet anda.

11) Tingkatkan Motivasi Anda

Untuk menurunkan berat badan agar berhasil, anda harus memiliki motivasi yang kuat. Dengan menanamkan pikiran positif dan motivasi tinggi anda akan semakin semangat dalam menjalankan program diet sehingga diet yang anda lakukan tidak sia-sia. 

 tips menurunkan berat badan
Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Jika Ingin Menurunkan Berat Badan Pria

1) Konsumsi Makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks
Seperti kita ketahui, karbohidrat adalah sumber utama energi. Karbohidrat sederhana (contohnya bersumber dari nasi, pasta, mie, dll ) cenderung sulit untuk diserap tubuh dan lebih mudah tertimbun menjadi lemak di tubuh kita. Maka dari itu, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah (ganti beras putih anda menjadi beras merah), sereal, oat meal, gandum, kacang-kacangan, dan sebagainya.


2) Konsumsi Makanan yang mengandung Banyak Protein
Protein adalah zat yang mampu mendukung upaya diet anda. Protein sanggup membakar lemak pada tubuh anda. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti putih telur, oat meal, gandunm, sereal, ikan, kedelai, dan lain-lain.
 

3) Konsumsi Makanan yang mengandung Banyak Serat
Makan makanan yang mengandung banyak serat sangat bermanfaat bagi tubuh anda karena serat memiliki kemampuan untuk mengikat lemak sehingga lemak akan terikat ketika kotoran dibuang. Makanan yang memiliki serat tinggi dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Buah yang memiliki banyak serat misalnya : jeruk, pir, apel pisang, pepaya, jambu biji. Untuk sayur seperti bayam, brokoli, kubis, kol, ubi jalar, lobak, dan lain-lain.
 

4) Konsumsi Makanan yang mengandung Rendah Kalori
Jika anda benar-benar berniat menurunkan berat badan anda maka makanlah makanan yang rendah kalori namun memiliki banyak nutrisi. Contohnya adalah roti, gandum, buah, sayur, ikan segar, daging tanpa lemak, dan lain-lain.
 

Makan makanan yang mengandung lada dan merica juga mampu memicu proses pembakaran lemak pada usus kita saat tidur.

Makanan Yang Perlu Dihindari Jika Ingin Menurunkan Berat Badan


1) Hindari makanan berkalori tinggi
Makanan berkalori tinggi seperti keripik, jajanan, fast food, daging olahan (sosis, nugget, tempura), kuah daging, dan lain-lain mampu menambah berat badan. Maka dari itu sebisa mungkin hindari makanan jenis ini.
 

2) Hindari makanan yang mengandung banyak gula
Makanan yang mengandung banyak gula yakni kue, cokelat, permen, dll. Anda harus membatasi konsumsi gula, konsumsilah pemanis dengan zero-calorie. Minum minuman dengan low sugar. Atau ganti gula anda dengan gula rendah kalori (misal : gula jagung) Kamu juga bisa mengkonsumsi minuman air kelapa sebagai penggantinya.
 

3) Hindari Makanan Gorengan
Memakan gorengan justru akan meningkatkan lemak dan kolesterol yang ada pada tubuh anda. Sehingga selalu hindari gorengan jika anda ingin berat badan anda menurun.
 

4) Hindari Makanan yang mengandung Pengawet
Sebenarnya adanya bahan pengawet pada makanan, ditujukan agar makanan tersebut terhindar dari bakteri sehingga makanan tersebut menjadi tahan lama. Namun masalahnya, makanan berpengawet jika sering dikonsumsi terus menerus, justru dapat merusak organ-organ vital dalam tubuh kita.

5) Hindari Makanan yang mengandung banyak Lemak

Makanan dengan kadar lemak tinggi dapat memberikan efek negatif pada tubuh yakni dapat menimbulkan kelebihan berat badan atau yang bisa dikenal dengan istilah obesitas. Selain dapat menimbulkan obesitas, sering konsumsi makanan berlemak juga dapat menyebabkan penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, dan lain-lain. Lemak yang tidak baik untuk kesehatan dibagi menjadi dua jenis yakni lemak jenuh dan lemak trans. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh yakni : daging olahan, paha ayam, sarden, susu, krim susu, es krim, mentega, keju, mayones, coklat hitam, minyak kelapa, dan lain-lain. Contoh makanan yang mengandung lemak trans antara lain  : ayam goreng, nugget, sosis, pizza, donat, muffin, pancake, kentang goreng, kerupuk dan keripik, pop corn, permen, dan lain-lain. 

6) Hindari Makanan yang mengandung banyak minyak
Sering mengkonsumsi makanan berminyak dapat menyebabkan kolesterol, masalah pencernaan, tukak lambung, nyeri dada, dan lain-lain. Contoh makanan berminyak antara lain gorengan, mendoan, bakwan, dage, ranjem, jamur crispy, cilok, cireng, cimol, tahu goreng, tahu aci, tahu bulat, pisang goreng, piscok, keripik, dan masih banyak lagi.

7) Hindari Makanan Junk Food 

Makanan junk food merupakan makanan yang memiliki gizi dan kandungan nutrisi yang rendah sehingga digolongkan sebagai makanan yang tidak sehat. Pada junk food, kandungan vitamin, mineral, seratnya rendah sementara itu kandungan garam, lemak, gula, dan zat aditifnya cukup tinggi. Makanan yang tergolong junk food antara lain gorengan, makanan kalengan, makanan yang  diasinkan, makanan yang dibakar / dipanggang, es krim, mie instan, dan lain-lain.

8) Hindari Makanan Fast Food
Makanan fast food merupakan makanan yang disajikan dengan cepat. Makanan jenis ini tentunya banyak ditemui pada restoran-restoran. Contoh makanan cepat saji antara lain spaghetti, hamburger, hot dog, pizza, french fries (kentang goreng). Terlalu sering mengkonsumsi fast food, dapat memicu kegemukan.

9) Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda banyak mengandung kalori yang berasal dari gula. Terlalu sering minum minuman bersoda akan membuat berat badan anda semakin naik dan bahkan sulit untuk turun. Selain itu minuman bersoda juga tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Minuman-minuman seperti soda, bir, atau bahkan alkohol selain berdampak buruk bagi tubuh anda, minuman tersebut juga dapat merusak program diet Anda. 

 
Pola Diet Menurunkan Berat Badan Pria
 

Terapkan 7 Hari Pola Makan untuk Diet. Berikut ini contoh pola makan diet menurunkan berat badan

Hari Pertama :
Konsumsi buah-buahan ringan dan banyak air. Jika tetap merasa kehausan atau dehidrasi, anda bisa minum air secukupnya. Baca juga : manfaat minum air putih bagi tubuh.


Hari Kedua :
Konsumsi berbagai macam sayuran. Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus atau konsumsi sebagai salad. Jangan diolah dengan cara ditumis. Konsumsi juga air putih secukupnya.


Hari Ketiga :
Kombinasikan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan


Hari Keempat :
Konsumsi Pisang dan Susu. Anda bisa mengkonsumsi pisang secara langsung atau dijadikan milkshake. Jangan digoreng.


Hari Kelima :
Setelah sampai di hari kelima, anda bisa mengkonsumsi 6 sendok nasi saja. Konsumsi nasi 2 kali dalam sehari (pada waktu pagi dan siang hari) Anda boleh juga menambahkan potongan tomat sebanyak 8 potongan. Perbanyaklah minum air


Hari Keenam :
Awali sarapan pagi dengan bahan makanan kaya akan protein. Pada waktu siang hari, makan nasi 5 sendok ditambah lauk sayuran saja.


Hari Ketujuh :
Konsumsi 5 sendok nasi ditambah sayuran sehat. Konsumsi juga buah-buahan.


Tambahan : Menurunkan Berat Badan dengan Jus
- Anda dapat mencoba tips menurunkan berat badan dengan membuat jus yang terdiri atas campuran air jeruk dan lemon, 4 sendok madu, pisang, dan apel. Campurkan bahan-bahan tersebut lalu buatlah menjadi jus dengan cara diblender. Minumlah selama 2 hari. 

Demikianlah tips dan cara paling lengkap untuk menurunkan berat badan pria. Selamat menerapkan tips-tips yang kami sajikan di atas. Semoga anda dapat berhasil menurunkan berat badan anda dengan sukses.

Cara Paling Lengkap dan Ampuh Menurunkan Berat Badan Pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: adm ar

0 komentar:

Posting Komentar