26 Manfaat Menakjubkan Minum Air Putih Bagi Tubuh

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh. Tahukah anda, air putih punya sejuta manfaat untuk tubuh manusia terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Minum banyak air putih terutama di pagi hari akan sangat menyehatkan tubuh kita. Manusia idealnya mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya. Ciri air putih yang baik untuk diminum adalah tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna serta tentunya berasa segar saat diminum. Inilah Manfaat Menakjubkan Minum Air Bagi kesehatan tubuh anda :

manfaat minum air
Credit : Dreamstime

1) Mencegah Merasa Kehausan
Sudah sewajarnya manusia akan mengalami rasa lapar dan haus. Nah setelah anda berolahraga/bekerja keras sehingga anda sangat lelah dan merasa haus tentu solusi terbaik adalah minum air putih.

2) Membuat Merasa Kenyang Lebih Lama
Apabila anda telah sarapan/makan siang/makan malam lalu diakhiri dengan banyak minum air putih, maka akan membuat anda akan merasakan rasa kenyang yang lebih lama

3) Mengurangi Resiko Kanker
Kebiasaan mengkonsumsi air putih minimal 5 gelas dalam 1 hari akan mengurangi risiko kanker usus sebesar 45%, mengurangi risiko kanker kandung kemih sebesar 50%, dan juga mengurangi risiko kanker payudara. 

4) Menyegarkan Pikiran
Minum air putih mampu menyegarkan pikiran. Jadi apabila anda sedang stress, jenuh, pusing, dan lain-lain karena terlalu berpikir keras dan berlebihan maka cobalah rileks dan tentunya minum air putih yang cukup, sehingga pikiran anda akan menjadi fresh seperti semula.

5) Mencegah Penyakit Batu Ginjal
Batu Ginjal merupakan penyakit akibat adanya endapan garam Kalsium Karbonat pada kandung kemih atau saluran ginjal. Seperti kita ketahui, garam dapat larut dalam air. Maka dari itu, dengan banyak mengonsumsi air putih maka akan terhindar dari penyakit batu ginjal karena garam kalsium karbonat akan larut dan ikut terbuang melalui air seni.

6) Melindungi Jantung
Berdasarkan hasil penelitian, orang yang sudah sering dan terbiasa meminum minimal 5 gelas air putih setiap hari, kemungkinan meninggal akibat penyakit jantung turun sebanyak 41% dibandingkan yang minum air putih kurang dari 2 gelas air putih sehari

7) Mengatasi Jerawat
Inilah manfaat minum air bagi kecantikan. Jerawat banyak dialami oleh para remaja. Hal ini tentu membuat para penderitanya menjadi tidak percaya diri. Tapi tahukah anda, banyak minum air bisa mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat? Tak heran, banyak minum air juga merupakan solusi untuk membuat wajah tampak segar dan terbebas dari jerawat. Baca juga : cara mencegah jerawat secara alami dan tips mencegah timbulnya jerawat.

8) Mencegah Keriput
Ternyata banyak minum air mampu mencegah terjadinya keriput dini di wajah. Asal anda tahu, keriput dapat terjadi karena kondisi kulit yang terlalu kering. Dengan banyak minum air, air akan menghidrasi sel-sel kulit. Air juga akan menjaga kelembapan kulit sehingga elastisitas kulit akan terjaga dan tentunya membuat kulit menjadi tidak mudah keriput

9) Mengatasi Sembelit
Apa yang terjadi dalam sistem pencernaan kita apabila kita tidak banyak minum air? Ya, jika tubuh kita kekurangan air maka akan terjadi sembelit. So, orang-orang yang memiliki masalah sembelit harus banyak minum air guna menormalkan dan melancarkan sistem pencernaan mereka

10) Menghindari Kekurangan Cairan pada Tubuh
Karena tubuh kita sebagian besar tersusun atas air, maka air amatlah penting peranannya dalam menjaga vitalitas tubuh. Cairan tubuh yang terdiri atas air berperan dalam proses pencernaan, sirkulasi, transportasi zat, dan lain-lain. Jadi, jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan

11) Menyehatkan Usus
Usus merupakan salah satu organ pencernaan vital dalam tubuh manusia. Dengan banyak minum air putih terutama saat di pagi hari, maka akan memberi dampak positif pada usus karena penyerapan nutrisi makanan akan berjalan secara efektif

12) Menyeimbangkan Sistem Getah Bening
Ketika sistem getah bening dalam tubuh kita dapat bekerja secara optimal, tubuh kita akan mempunyai kekuatan lebih untuk memerangi infeksi atau penyakit yang datang

13) Memperpanjang Pernafasan
Sering mengkonsumsi air putih dapat membuat nafas kita menjadi lebih panjang. Hal ini sangat bermanfaat demi membentuk tubuh menjadi lebih sehat

14) Meningkatkan Ketajaman Otak
Otak memerlukan banyak kandungan oksigen agar berjalan optimal. Dengan minum air putih (H2O) , otak akan terpenuhi kebutuhannya. Berdasarkan penelitian minum 8-10 gelas air putih setiap hari dapat meningkatkan performa kognitif otak sebesar 30%. Otak akan melemah fungsi berpikirnya apabila sering terjadi dehidrasi.

15) Merawat Kulit
Memenuhi kebutuhan akan air putih akan membuat kulit kita menjadi lebih terawat dan sehat. Air putih mampu menghilangkan kotoran yang ada di tubuh dan di kulit Jika Kulit kekurangan air, maka kulit akan menjadi kasar dan kering.

16) Mencegah Hilangnya Konsentrasi
Anda sering mengalami sulit fokus pada suatu pekerjaan? Atau anda merasa sangat lelah dan sulit konsentrasi? Jika iya, cobalah tenangkan diri anda dan minumlah segelas air putih. Minum air putih mampu meningkatkan konsentrasi anda.

17) Memperkuat Tulang
Banyak mengkonsumsi Air putih secukupnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang anda. Air putih ternyata eh ternyata dapat membantu dalam pembentukan sel-sel tulang yang baru

18) Menjaga Otot Agar Sehat
Kondisi tubuh yang tanpa kekurangan air akan mampu menjaga kontraksi otot dan juga mampu menghindari kram otot. Hal ini akan berperan saat kita berolahraga sehingga tubuh lebih kuat. Jangan lupa, seusai olahraga, minumlah air putih secukupnya guna menyegarkan otot kembali. Baca juga : cara membentuk otot dada di rumah.

Credit : Dreamstime

19) Menjaga Metabolisme Tubuh
Air Putih terbukti mampu melancarkan sistem metabolisme pada tubuh. Mengapa? Karena seperti kita ketahui, tubuh kita 90% terdiri atas cairan. Dengan terpenuhinya kebutuhan akan konsumsi air yang cukup, maka metabolisme pada tubuh akan menjadi lancar dan terjaga dengan baik. 

20) Membantu Mengontrol Berat Badan
Apabila tubuh banyak kekurangan air, maka akan berpengaruh pada sistem kerja ginjal, ginjal akan menumpahkan kelebihan beban kepada hati. Beban kerja Hati menjadi lebih berat sehingga hati tidak dapat membakar banyak lemak untuk mengubahnya menjadi energi. Alhasil akan terjadi penumpukan lemak. So, dengan minum air dalam jumlah yang cukup akan mencegah penyimpanan lemak dan mengontrol berat badal sehingga lebih ideal.

21) Mengontrol Berat Badan Tubuh
Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan yang sehat dan ideal. Jika anda ingin mendapatkan berat badan proposional dan ideal, cobalah anda selalu mencukup kebutuhan air putih. 

22) Membantu Program Diet
Air putih sangat berperan apabila anda sedang menjalankan program diet. Banyak minum air putih mampu menahan nafsu makan yang berlebihan. Jika tidak mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, maka diet yang anda lakukan akan tidak berhasil dan tentunya hal ini sangat sia-sia.

23) Mencegah Sakit Kepala
Tahukah anda, berdasarkan hasil penelitian oleh para peneliti dari Universitas Masstricht Belanda, ternyata minum air putih sebanyak tujuh gelas dalam sehari dapat mengobati sakit kepala dan meningkatkan kualitas hidup para penderita migrain.

24) Menjaga Ginjal
Mencukupi kebutuhan akan konsumsi air putih terutama di pagi hari akan membantu meringankan kerja organ ginjal sehingga ginjal mampu bekerja secara normal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

25) Mempertahankan Suhu Tubuh
Jika anda dalam lingkungan yang panas, maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan keringat. Saat kita sedang berkeringat, tentu cairan dalam tubuh akan berkurang. Berkeringat merupakan proses alami pada tubuh manusia yang membantu menurunkan suhu tubuh, agar tubuh menjadi tidak terlalu panas. Jadi dengan minum banyak air, maka akan tercegah dehidrasi saat kita sedang menjalankan aktivitas berat/di lingkungan panas sehingga banyak berkeringat.  

26) Mengeluarkan Kotoran dan Racun
Banyak minum air mampu membuat kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh menjadi keluar. Maka dari itu banyak minum air sangat efektif untuk membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urin. 

Demikianlah artikel mengenai manfaat dahsyat air bagi tubuh kita. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa banyak mengkonsumsi minum air putih sangat bermanfaat dalam hal kecantikan, kesehatan, diet, bermanfaat juga demi kesehatan ginjal, dan lain-lain.

26 Manfaat Menakjubkan Minum Air Putih Bagi Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: adm ar

2 komentar: