Panduan Fitness yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Panduan Fitness Paling Mudah untuk Pemula. Fitness adalah salah satu kegiatan olah tubuh, yang umumnya dilakukan dengan menggunakan berbagai macam bentuk latihan menggunakan alat. Ada banyak sekali alat yang dapat digunakan untuk latihan fitness ini, di mana alat tersebut bukanlah hal yang aneh lagi karena pada umumnya di tempat fitness atau pun gym ini sudah menyediakan alat-alat tersebut. Sehingga hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan olah tubuh tersebut. 

Fitness kini cukup populer terutama ditengah masyarakat perkotaan. Untuk itulah tidak heran, jika akan ada banyak orang yang berbondong-bondong pergi ke gym, baik itu kaum pria atau pun wanita.
 
Fitness ini sendiri bukan dilakukan sebagai kegiatan olah tubuh saja, tetapi dibalik hal tersebut, fitness juga mempunyai banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan menariknya, kegiatan fitness ini juga bermanfaat untuk menjadikan tubuh menjadi lebih ideal dan juga proporsional.

Nah, jika berbicara tentang manfaat fitness ini pastinya tidak akan ada habisnya, karna ada begitu banyak sekali manfaat yang dapat dihasilkan selain manfaat yang telah di sebutkan tadi. Tapi tahukah Anda bagaimana sih cara melakukan fitness yang baik dan benar tersebut? Berikut ini akan kami share mengenai 
.

Panduan Fitness yang Benar Bagi Pemula
Credit : 123rf

1) Komitmen

Umunya untuk pemula yang baru saja melakukan kegiatan fitness ini sering dihampiri rasa bosan, dan ini adalah hal yang wajar. Tetapi, diharapkan Anda jangan kalah oleh rasa bosan tersebut. untuk itulah Anda perlu komitmen sebelum melakukan kegiatan atau latihan fitness tersebut, supaya latihan Anda tidak berhenti ditengah jalan.
 
Tanpa komitmen apa yang anda lakukan akan percuma karena anda tidak akan serius dalam melakukannya. Sehubungan dengan menerapkan komitmen, alangkah baiknya jika anda punya suatu target. Dengan memiliki target anda bisa melakukan olah tubuh dengan semangat dan serius untuk mencapai target yang anda inginkan. Misalnya anda melakukan fitness 3 kali dalam seminggu selama 4 bulan untuk mencapai target menurunkan berat badan sebanyak 3,5 pounds. Dan sebagainya.

2) Pemanasan

Sebelum Anda akan melakukan fitness, ada baiknya Anda lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya otot-otot didalam tubuh agar lebih fleksibel sehingga akan lebih siap untuk melakukan kegiatan fitness dan juga mengurangi resiko terjadinya cedera.  Dengan melakukan pemanasan, otot – otot anda tidak akan mudah kram

3) Gunakanlah peralatan yang sederhana

Ada banyak sekali peralatan yang telah disediakan di tempat fitness ini. Untuk Anda yang masih pemula, ada baiknya menggunakan peralatan yang sederhana terlebih dahulu, dan sebaiknya setiap kali Anda melakukan latihan menggunakan alat dampingilah dengan instruktur. Setelah latihan, catat juga riwayat latihan hal ini untuk mengontrol kegiatan fitness yang anda lakukan.

panduan fitness pemula

4) Istirahat

Pada saat melakukan fitness maka jangan terlalu memporsir tenaga Anda untuk terus menersu melakukan latihan fitness tersebut. Anda juga perlu menyelingi kegiatan fitness dengan istirahat dalam setiap melakukan latihannya. Anda cukup istirahat selama 2 hingga 3 menit saja.

5) Pola makan sehat

Mengimbangi pola makan yang sehat pada saat menjalankan kegiatan fitness adalah salah satu hal yang tak bisa ditinggalkan. Misalnya saja dengan menghindari makanan yang banyak mengandung banyak lemak, lebih banyak konsumsi sayur dan buah, serta cukupi kebutuhan cairan tubuh minimalis 8 gelas perharinya.

***
Fitness memang sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan melakukan fitness banyak manfaat yang dapat kita raih. Salah satu manfaatnya diantaranya adalah dapat membuat tubuh tetap ideal, berat badan stabil dan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh juga dapat kita raih.

Karena itu, akhir – akhir ini seiring dengan semakin populernya olah badan fitness ini semakin banyak pula orang yang tertarik melakukan kegiatan fitness. Dan anda mungkin juga termasuk salah satu orang yang ingin mulai melakukan olah badan fitness ini. Jika memang anda berniat untuk mulai melakukannya, tentu anda harus punya panduan dulu. Karena bagi pemula yang masih awam dengan fitness tidak boleh langsung melakukan fitness dengan porsi yang besar. 

Harus diupayakan fitness dengan pola yang ringan dilakukan terlebih dahulu. Dan disini akan kami berikan untuk anda mengenai panduan fitness bagi pemula yang dapat anda terapkan!

Ingin tahu informasinya? Kalau begitu jangan dulu beranjak, pelajari dan pahami dulu panduan fitness bagi pemula yang kami berikan berikut ini !


Panduan Fitness Bagi Pemula

“Berapa kali latihan fitness yang efektif untuk pemula?”
 
Bagi anda yang notabenenya seorang pemula, disarankan jika anda melakukan latihan fitness selama 3 kali dalam satu pekan. Dan ini dia panduan fitness di hari pertama sampai hari ketiga anda melakukan fitness dalam sepekan.

Latihan Fitness Hari Pertama

Di hari pertama ini setidaknya ada 3 program latihan fitness yang dapat anda kerjakan. Program latihan fitness yang dapat anda kerjakan di hari pertama adalah benchpress, incline press serta juga bicep curl serta hammer curl.

Latihan Fitness Hari Kedua

Di hari kedua ini latihan fitness yang dapat anda lakukan tentu lebih berat dibandingkan dengan hari pertama. Di hari kedua anda dapat melakukan squat, calves raises, sit up serta juga leg raises.

Latihan Fitness Hari Ketiga

Di hari ketiga ini ada 4 macam latihan fitness yang dapat anda lakukan. Diantaranya adalah lat pull down, bentover row, side lateral raise, dan barbell shrug.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan tentang Panduan Fitness Bagi Pemula. Terapkan panduan fitness diatas dan dapatkan hasilnya. Semoga bermanfaat.

Panduan Fitness yang Baik dan Benar Bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: adm ar

0 komentar:

Posting Komentar