10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Mandi

Kesalahan-kesalahan yang berakibat buruk saat mandi. Mandi sudah menjadi suatu kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap manusia yang dilakukan 2-3 kali setiap hari. Mandi diperlukan untuk menghasilkan tubuh kita yang bersih, fresh, dan sehat. Namun ternyata eh ternyata, masih banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan saat mandi, hal ini justru bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Inilah berbagai macam kesalahan / kebiasaan buruk saat mandi : 

1) Jangan Sering Mandi dengan Air Panas

Kesalahan saat mandi yang pertama adalah terlalu sering mandi menggunakan air panas. Tidak sedikit, pria/wanita yang gemar mandi dengan air yang bersuhu panas apalagi saat kondisi lingkungan sedang dingin. Tahukah anda, bahwasanya sering mandi dengan air panas dapat berefek buruk seperti menghilangkan minyak alami rambut, membuat kulit dan rambut menjadi kering, memperparah eksim, membuka pori-pori kulit kepala sehingga memudahkan kotoran dan bakteri masuk. Sementara itu, mandi menggunakan air dingin justru lebih aman untuk kesehatan rambut anda. 

2) Jangan Mencukur Bulu Sebelum Mandi

Mencukur bulu sebelum mandi bisa mengakibatkan efek iritasi dan kemerahan. Saat terbaik mencukur bulu, adalah setelah anda mandi dengan air hangat. Hal ini karena dengan air hangat, maka pori-pori dan folikel rambut akan lebih terbuka sehingga membuat hasil cukuran lebih rapih. 

3) Jangan Gunakan Spons atau Sikat Mandi

Anda tidak perlu repot-repot menggunakan spons atau sikat mandi untuk membersihkan banda itu. Hal ini karena spons atau Sikat Mandi, kebersihannya kurang terjamin dan bisa menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. 

4) Jangan Gunakan Sabun yang Terlalu Banyak Busa

Kesalahan yang sering dilakukan saat mandi lainnya adalah salah menggunakan sabun. Menggunakan sabun yang terlalu banyak busa, justru dapat mendegradasi kandungan minyak alami pada kulit tubuh anda dan dapat membuat kulit menjadi lebih kering.

5) Jangan Menyisakan Busa Sabun 

Kesalahan Saat Mandi

Basuhkan busa sabun pada tubuh anda hingga tuntas. Jangan sampai, masih ada busa sabun menempel di badan anda dan dibiarkan terlalu lama hal ini dapat mengakibatkan kulit iritasi dan kering. Baca juga artikel kami lainnya yakni cara menjaga dan melindungi kesehatan kulit.

6) Jangan Terlalu Sering Menggunakan Scrub

Untuk membuang sisa kulit yang mati, banyak orang menggunakan scrub setiap hari. Hal ini tidaklah baik dan dapat berdampak negatif. Terlalu sering menggosok kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan kasar sehingga kelenjar sebaceous pada kulit akan meningkatkan tingkat produksi minyak kulit lebih banyak dari kondisi normalnya. Maka dari itu, seharusnya lakukan scrubbing beberapa kali dalam 1 minggu. 

7) Jangan Keramas Setiap Hari

Kesalahan Ketika Mandi
Credit : hansgrohe

Kulit kepala kita menghasilkan minyak alami yang akan melindungi bagian rambut sampai ujung rambut. Namun keramas/mencuci rambut terlalu sering, tidak dianjurkan. Hal ini diakibatkan karena sampo yang digunakan untuk keramas memiliki sifat menghilangkan minyak alami rambut anda. Jadi alangkah baiknya anda melakukan keramas setiap 2-3 hari sehingga dapat memberi kesempatan bagi minyak alami rambut untuk mencapai ujung rambut.

9) Jangan Mengeringkan dan Menggosok Rambut dengan Handuk

Banyak sekali orang yang seusai mandi, lalu mengeringkan rambut dengan menggosok-gosok rambut memakai handuknya. Namun ternyata hal ini dapat memberi dampak negatif pada rambut anda. Rambut yang masih dalam kondisi basah setelah mandi lalu digosok-gosokan dengan handuk, ternyata dapat merusak folikel rambut dan dapat membuat rambut menjadi bercabang. Hal ini karena rambut basah lebih rentan terhadap kerusakan karena tekstur kasar pada handuk. Lalu bagaimana dong solusi yang lebih baik ? Solusinya yakni, ikatlah rambut anda dengan handuk dan biarkanlah rambut menjadi kering dengan sendirinya. 

10) Jangan Mandi Terlalu Lama

Kesalahan saat mandi yang terakhir adalah mandi terlalu lama. Mandi terlalu lama dapat mengakibatkan kulit menjadi terlalu sensitif, bakteri lebih mudah menyerang, dan kulit menjadi mudah terkena berbagai masalah kulit

Keluar Mandi Pakai Handuk Saja

Setelah anda mandi dan mengeringkan tubuh anda dengan handuk, anda boleh keluar dari kamar mandi dengan menggunakan handuk saja tanpa menggunakan pakaian. Hal ini bermanfaat agar kulit tubuh anda bisa kontak langsung dengan udara luar sehingga kulit dapat bernafas dengan lega. 
Kesalahan Saat Mandi

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Mandi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: adm ar

0 komentar:

Posting Komentar