Tips Agar Berhasil Membentuk Perut Sixpack

Pria yang memiliki perut sixpack akan terlihat begitu seksi dan menawan di mata wanita atau bahkan bisa membuat wanita tergila-gila. Untuk membentuk perut sixpack ini bukanlah merupakan proses yang mudah. Anda bisa membaca artikel kami berjudul 12 Cara Membentuk Perut Sixpack di Rumah. Dibutuhkan kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh saat latihan. Pada dasarnya untuk mendapatkan perut sixpack anda harus menghilangkan lemak di perut dan memperkuat otot perut. Selain itu agar berhasil membentuk perut sixpack anda perlu memperhatikan pola makanan dan diet yang sehat. Anda bisa membaca artikel kami, Penyebab Gagal Membentuk Perut Sixpack. Berikut ini adalah tips agar anda berhasil menghasilkan perut sixpack. 

Cara Membentuk Sixpack

1) Kurangi Lemak

Bilamana perut kita memiliki banyak lemak yang terkandung, maka bisa dikatakan cukup sulit untuk membentuk otot sixpack. Maka dari itu jika menginginkan perut sixpack namun perut anda banyak lemaknya, usahakan untuk menghilangkan lemak terlebih dahulu pada perut anda. Langkah untuk menghilangkan lemak ini yakni anda harus melakukan latihan kardio secara teratur. Contoh latihan kardio yang dapat anda lakukan adalah berlari, naik sepeda, dayung, dan lain-lain.

2) Selalu Sarapan

sarapan sixpack
Jika anda berniat untuk membentuk perut sixpack, namun anda sering tidak sarapan, maka sia-sia saja. Jika kita tidak sarapan maka perut kita akan merasa lapar pada waktu siang/sore hari dan akan mendorong kita nafsu makan berlebih. Hal ini akan membuat lemak akan mengumpul di perut anda.

3) Makan Siang yang Sehat 

Pastikan anda makan siang dengan menu yang sehat. Janganlah mengkonsumsi makanan fast food dan minuman berkarbonasi/mengandung soda. Makanan seperti ini justru akan membuat lemak bertambah sehingga pembentukan perut sixpack akan terhambat. Anda akan merasa kenyang dan nikmat apabila makan siang dengan menu sehat setiap hari, selain itu, tubuh Anda juga memperoleh banyak nutrisi sebagai bekal anda melakukan berbagai aktivitas.

4) Jangan Sering Konsumsi Makanan Olahan

Sering mengkonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji akan menghasilkan tubuh yang kurang sehat dan kekurangan nutrisi. Berbagai jenis makanan yang dibuat melalui proses pengawetan, nutrisinya telah berkurang dan dalam prosesnya seringkali ditambahkan lemak yang tidak sehat, gula atau pengganti gula yang sangat banyak, serta vitamin dan mineral sintetis. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi, buah-buahan dan sayuran rendah kalori. 

5) Konsumsi Karbohidrat yang Baik

Untuk membentuk perut sixpack, cobalah anda mengkonsumsi karbohidrat yang baik. Sebagai contoh Padi-padian. Padi-padian mengandung serat yang akan dicerna lebih lambat daripada karbohidrat sederhana yang diolah. Anda dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat : beras merah, quinoa, dan gandum. Anda juga boleh mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, pasta gandum, oatmeal, beras merah. Makanan ini mengandung lebih banyak serat dan dapat menunda lapar Anda lebih lama.

6) Konsumsi Protein Saat Sarapan 

Tahukah anda, Protein adalah bahan dasar dalam pembentukan otot. Anda akan tidak mudah merasakan lapar jika anda mengonsumsi 35 gram protein saat sarapan. Lengkapi konsumsi anda dengan makanan berprotein tinggi seperti ayam, ikan tuna, dan kacang-kacangan. 

7) Gabungkan Protein dan Karbohidrat 

Karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi. Jika karbohidrat dikombinasikan dengan protein, maka karbohidrat dapat membantu pembentukan otot. Akan lebih optimal apabila Anda gabungkan keduanya ketika sebelum dan sesudah latihan. 

8) Konsumsi Lemak yang Sehat

Lemak monounsaturated dan polyunsaturated seperti minyak zaitun, minyak ikan, selai kacang, alpokat, dan berbagai macam kacang merupakan lemak yang baik dikonsumsi untuk tubuh Anda. Memang benar, mengonsumsi lemak akan meningkatkan asupan kalori, tetapi Anda juga harus menjaganya sekitar 20-30%, agar mendapatkan hasil cepat dan lebih baik. Peran lemak lainnya yakni lemak dapat membantu menstabilkan kadar insulin dalam tubuh manusia.

9) Seringlah Makan

Hindari tubuh anda merasakan rasa lapar yang berlebihan. Saat anda merasa sangat lapar, bisa saja tubuh anda menjadi hendak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bagi tubuh anda. Apabila anda jarang merasa lapar, berarti metabolisme pada tubuh anda berjalan efektif,hal ini akan menghambat keinginan anda untuk makan makanan yang tidak sehat. Anda boleh makan makanan enam kali sehari namun tidak dalam porsi yang besar atau anda boleh makan tiga makanan standar dan tiga cemilan. Yang terpenting, makanan yang anda konsumsi harus banyak mengandung gizi terutama protein, serat, dan nutrisi tinggi.

10) Makan Kecil

diet sixpack
Credit : Daman
Ternya menjafa metabolisme tubuh dengan makan kecil (ngemil) setiap 3 jam dapat membantuk pembentukan perut sippack. Dengan makan makanan kecil tiap tiga jam, tubuh kita akan dapat terus membakar kalori yang mampu menurunkan berat badan kita dan membentuk perut sixpack. Hal yang perlu diperhatikan, usahakan ngemil dengan makanan mengandung protein tinggi.

11) Perbanyaklah Minum Air

Sebelumnya saya telah membahas tentang 26 manfaat minum air putih bagi tubuh. Seperti kita ketahui, proses pencernaan kita akan menjadi lancar apabila kita mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Air akan membantu perut kita agar tidak mudah cepat merasakan lapar. Alangkah baiknya setelah anda beranjak dari kasur anda, anda minum setidaknya 2-3 gelas air putih. Minum air putih dapat menghidrasi sel-sel otot sehingga akan tumbuh lebih cepat. So, apabila anda menginginkan perut sixpack, jangan lupa konsumsi air yang cukup dalam setiap harinya.

12) Tidur yang Cukup 

tidur sixpack
Dalam upaya membentuk perut sixpack, Janganlah begadang, selalu terapkan kebiasaan tidur yang cukup. Pembentukan dan pemulihan otot akan berjalan efektif apabila anda tidur cukup setidaknya 7-8 jam perhari. Lantas bagaimana jika kita kurang tidur? Berdasarkan riset dan penelitian, apabila seseorang kurang tidur selama 3 hari berturut-turut, maka sel-sel pada otot akan berubah menjadi resisten terhadap hormon insulin. Kejadian ini akan memperlambat proses metabolisme tubuh, akan menurunkan jumlah kalori yang terbakar, dan dapat membentuk timbunan lemak di sekitar perut anda 

Demikian artikel mengenai Tips Agar Berhasil Membentuk Perut Sixpack. Harapannya artikel ini dapat membantu anda dalam usaha anda membentuk perut sixpack. Semoga berhasil

Tips Agar Berhasil Membentuk Perut Sixpack Rating: 4.5 Diposkan Oleh: adm ar

0 komentar:

Posting Komentar